STRATEGI PENGELOLAAN DAKWAH DI MEDIA SOSIAL

 

Bagaimana dakwah di media sosial? itulah pertanyaan awal Aditya Agung, Pegiat Medsos, Narasumber Workshop Dakwah Kreatif Lewat Media Sosial, Ahad, 12 Maret 2017, di Markas Dakwah DPC PKS Kec. Moyudan.

Aditya menjelaskan bagaimana aktivitas dakwah di media sosial, kita sebagai kader tentu harus punya cara pandang berbeda dalam memanfaatkan media sosial. Ketika banyak orang menjadikan media sosial hanya untuk ‘show up me’ kita menjadikan media sosial untuk dakwah. Status kita bermuatan dakwah, mengajak kepada kebaikan. Twit kita bisa menginspirasi untuk orang lain, kenapa tidak?

Aditya memberikan tips pengelolaan media sosial, kenali objek dakwah (why,who), kenali cara mendakwahi mereka (how, when).

Dalam hal siapa sasaran dakwah di media sosial, Aditya menjelaskan bahwa kita harus memgerti siapa sasaran kita, usianya,pekerjaanya, perilakunya, dan kapan mereka menggunakan media sosial.

“Pemahaman terkait sasaran ini penting jika status twit kita mau efektif, waktu yg paling banyak digunakan adalah pada pukul 15.00 – 16.00”, tambahnya.

Kapan waku yang efektif untuk _blasting_ informasi? Menurut Aditya pukul 18.00 -23.00. Terkait dg “how” mendakwahi objek dakwah, kita harus tahu apa yg sering mereka akses ? Mereka sering mengakses video, image dan text, bisa kombinasi ketiganya.

“Yang tak kalah penting adalah konten, _content is king, but distribution is a king kong_”, lanjutnya.

Oleh karena itu, perlu konten yang menarik, nah disinilah perlunya tim yang khusus merancang konten. Konten konten lainnya bisa diakses di web pks art, art.pks.id

Aditya menambahkan semua kader harus terlibat, yang aktif di offline, yg tidak aktif di offline harus aktif di online.

Dalam waktu yg sama, Kang Ririt, selaku Kominfo PKS Moyudan menyampaikan strategi pengelolaan media sosial di moyudan,diantaranya adalah memastikan tujuan, menentukan sasaran, merancang konten, memilih channel dan mengukur efektifitas”, paparnya.

“Kunci sukses dakwah media sosial adalah konsisten, konsisten mengokohkan tujuan, konsisten merancang konten, dan mendistribusikannya pada sasaran dan waktu yang tepat”, lanjutnya.

“Acara ini juga dalam rangka membentuk tim khusus yang akan berkontribusi dalam pengelolaan media sosial di moyudan”, pungkasnya.

Terakhir, Pak Marsudi selaku Ketua DPC PKS Moyudan menyampaikan terimakasih atas terselenggaranya kegiatan ini, kegiatan ini menjadi langkah awal untuk kita berdakwah lebih baik lagi. (mata)

foto : ririt

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *