Uniknya WAKULGAYA ala DPC PKS Depok

SLEMAN-Dalam rangka penerjemahan jargon baru ” PKS berkhidmat untuk  rakyat,” , Dewan Pengurus Ranting (DPRa) PKS Maguwoharjo mengadakan kegiatan WAKUL GAYA pada hari Ahad, 28 Agustus 2016  yang bertempat di dusun Modinan, Sambilegi Lor, Maguwoharjo, Depok, Sleman. Mengambil singkatan dari “Wisata Kuliner Keluarga PKS Jaya”, WAKULGAYA merupakan program family gathering bagi keluarga kader PKS  Depok , simpatisan dan warga masyarakat.

Acara dimulai pukul 06.15 WIB, diawali  dengan senam kesehatan jasmani “Ayo bersatu” untuk menjaga kebugaran tubuh. Semua peserta serius & antusias mengikuti setiap gerakan senam yg dipandu oleh mas Fajar selaku instrukturnya. ” Ibu-ibu, bapak-bapak, anak-anak, dan juga warga lansia ingin selalu bugar dalam menjalani hari-harinya”, tutur Muh. Azis selaku ketua DPC PKS Depok.

Sembari beristirahat setelah senam, para peserta disuguhi snack sehat tradisional seperti ketela rambat (Telo), Thiwul, Gatot, kacang rebus, buah salak, bubur kacang ijo (burjo), dan lain sebagainya. Snack sehat  sangat digemari para peserta, terutama bagi yg sedang bermasalah dengan kolesterol akibat keseringan makan snack yang digoreng. Snack sehat didampingi teh manis hangat menambah harmoni suasana kebersamaan pagi itu.

Panitia juga menyelenggarakan acara permainan tradisional “dam-daman” ( permainan yang mirip dengan catur, namun tidak memerlukan bidak-bidak catur, cukup dengan batu kerikil dan pecahan genteng merah) yang dipandu Ngadiyono selaku ketua DPRa Maguwoharjo. Tampak beberapa kader dan simpatisan, baik bapak-bapak maupun ibu-ibu tertarik mencoba memainkannya.

Muh, Azis memaparkan bahwa permainan catur tradisional tersebut diadakan dengan tujuan untuk menjaga kelestarian salah satu permainan tradisional agar tetap lestari. Di mana, seperti kita ketahui bersama, saat ini permainan tradisional yang merupakan warisan budaya Indonesia sudah mulai tersisih dari benak masyarakat (khususnya anak-anak) pada umumnya dan tergantikan oleh mainan-mainan import.

Buat anak-anak, panitia  menyiapkan beberapa perlombaan yang tak kalah menarik, yaitu lomba hafalan Al Quran (tahfidz), balap lari klereng, dan balapan memindahkan karet menggunakan sedotan. Anak-anak terlihat senang dan bersemangat saat pemandu lomba memimpin mereka memekikan yel-yel semangat “Tepuk semangat” sebelum acara perlombaan dimulai.

Lanjutan dari acara senam kebugaran adalah pemeriksaan kesehatan yang meliputi tekanan darah dan asam urat. Tujuan aksi dari tim kesehatan PKS ini adalah untuk mengajak warga masyarakat untuk mengetahui kondisi kesehatan individu secara berkala, sehingga berdampak pada kemauan untuk menjaga kesehatan diri dan keluarga mereka.

Dalam sambutan penutupnya, Muh. Azis menyampaikan bahwa kegiatan semacam ini dan kegiatan lain yg merupakan bagian dari khidmat PKS untuk rakyat, insyaa Allah akan digelar kembali pada kesempatan mendatang, baik di tempat yang sama maupun di tempat-tempat lain di wilayah Kecamatan Depok, Sleman, Yogyakarta

Acara WAKULGAYA akhirnya diakhiri dengan foto bersama, dan pembagian sayur sehat dari panitia kepada para peserta. Dengan berolahraga teratur dan mengkonsumsi snack sehat, serta sayuran sehat, maka diharapkan jasmani yang sehat dan kuat akan terbangun.  (/fiq)

wakul 1 wakul 2 wakul 3

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *