Hendrawan Tekankan Isu Pendidikan, Kesehatan, dan Daya Saing Lokal

Sleman – Hendrawan Astono, Fraksi PKS, menyampaikan terkait perlunya perhatian yang lebih serius dari Pemkab Sleman 5 tahun ke depan pada isu-isu utama seperti masalah kependudukan, pendidikan, dan kesehatan, Jum’at (22/4).

“Dinamika kependudukan dan perlindungan perempuan dan anak menjadi pilar ketahanan keluarga. Keluarga menjadi basis pendidikan dan pembangunan masyarakat,” tegasnya. Hendrawan menekankan pendidikan agama dan moral budi pekerti sebagai solusi. Hendrawan juga menyinggung kasus narkoba di Sleman. “Data BNN menunjukkan bahwa pengguna narkotika di Sleman merupakan yang terbesar di DIY. Perlu kerja sama semua elemen masyarakat agar bisa menanggulangi masalah ini.”

Sementara itu pelayanan kesehatan bagi masyarakat Sleman perlu mendapat perhatian tak kalah serius. “Pelayanan terhadap masyarakat bawah masih harus ditingkatkan.”

Potensi daya saing ekonomi lokal menjadi isu yang menurutnya perlu didorong oleh Pemkab. “Pemkab semestinya bisa mensinergiskan kepentingan investasi modal besar dengan potensi UMKM sehingga tidak terjadi kesenjangan.” Pembangunan desa perlu mendapat pendampingan agar optimal dalam pengelolaannya.

Di bidang infrastruktur dan lingkungan, pembangunan perlu dibarengi dengan perhatian terhadap masalah lingkungan. “Semakin banyaknya banjir dan kemacetan menandakan perlu adanya penanganan yang lebih komprehensif dari hulu sampai hilir,” imbuhnya.

Menurutnya, maraknya pembangunan hotel yang dinikmati kalangan menengah ke atas perlu diimbangi dengan pembangunan rumah susun untuk masyarakat kelas bawah.

RPJMD RPJMD

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *