Hendrawan: Kritisi RPJMD dengan Serius

Sleman – Menanggapi penyampaian Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2016-2021  Hendrawan Astono, Fraksi PKS, menegaskan agar DPRD Sleman mengkritisi RPJMD Bupati dengan serius, Jum’at (22/4). “Dewan harus mengkritisi RPJMD dengan serius, terukur, dan objektif. Untuk itu saya mengusulkan dihadirkannya narasumber dan pakar dari akademisi sesuai bidangnya agar mendapat masukan yang terukur dan objektif,” paparnya.

RPJMD merupakan penjabaran visi misi Bupati terpilih sebagai pedoman pembangunan 5 tahun ke depan. RPJMD berisi rencana strategis dan rencana kerja sebagai patokan pembangunan. Penyusunannya harus selaras dengan pembangunan nasional dan propinsi. Hadir di Aula DPRD Kabupaten Sleman tersebut Bupati beserta seluruh Kepala SKPD, Pimpinan DPRD, Ketua-ketua Fraksi dan Ketua-ketua Komisi DPRD Sleman.

“Bupati sering menyampaikan bahwa 5 tahun ke depan Sleman akan menjadi smart regency. Maksud konkritnya bagaimana? Masyarakat perlu lebih mengerti juga apa manfaat yang secara langsung bisa dirasakan,” tegasnya terkait rencana Bupati menerapkan e-goverment untuk pelayanan publik. Menurutnya e-government perlu ditunjang dengan SDM yang capable. “Ketersediaan sarana prasarana yang memadai menjadi keharusan. Selain itu perlu edukasi masyarakat terkait adanya layanan berbasis teknologi itu,” imbuhnya.

Sementara itu terkait penyampaian realisasi pembangunan tahun-tahun sebelumnya oleh Bupati, Hendrawan menekankan pentingnya optimalisasi potensi yang dimiliki Sleman. “Kalau target yang ditetapkan terlalu under, walaupun programnya terealisasi, tentu hal itu belum mampu mengoptimalkan potensi yang sebenarnya.” Menurutnya, realisasi tidak harus melampaui target. “Fokusya bagaimana agar kajian potensinya tepat sasaran, targetnya dimaksimalkan, dan kinerjanya juga maksimal,” pungkasnya.

Ketua Komisi A DPRD Sleman, Fraksi PKS

Ketua Komisi A DPRD Sleman, Fraksi PKS

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *