Wujudkan Sleman Kota Pendidikan, Hendrawan Dorong Perpustakaan Desa

Sleman – Hendrawan Astono, S.Si., Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sleman, menegaskan pentingnya pengembangan perpustakaan desa sebagai upaya peningkatan pembangunan manusia. Hal tersebut disampaikannya dalam acara Sosialisasi Perpustakaan bagi Kepala Desa di RM. Pring Sewu, Selasa (22/3). Menurut Hendrawan, perpustakaan sebagai salah satu sumber ilmu pengetahuan utama perlu mendapatkan penanganan dan pengelolaan yang lebih professional. “Untuk menarik minat baca masyarakat, kenyamanan perpustakaan perlu ditunjang dengan sarana-prasarana yang memadai serta sumber daya pengelola yang kompeten,” paparnya.

Pentingnya pengelolaan perpustakaan agar tidak ketinggalan zaman menjadi PR tersendiri. Keberadaan mall, café, dan tempat hiburan lain yang terlihat lebih menarik membuat masyarakat lebih suka berkunjung kesana daripada berkunjung ke perpustakaan. Masih menurut Hendrawan, perlu adanya perbaikan cara pandang masyarakat agar perpustakaan tidak hanya dipandang sebagai tempat belajar menimba ilmu, namun juga sebagai ajang berkumpul, sarana hang out, wisata edukasi, dan bahkan menjadi gaya hidup keseharian.

Sleman sebagai bagian dari Kota Pendidikan, pemerintah perlu mengupayakan peningkatan sumber daya manusia dengan optimalisasi perpustakaan daerah hingga level pemerintahan desa.  “DPRD berkomitmen memberikan dukungan regulasi dan anggaran yang optimal demi terealisasinya pengembangan perpustakaan ini,” tegasnya.

narasumber sosialisasi perpustakaan 2 sosialisasi perpustakaan 1

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *